Biaya Menjadi Manajer Perfeksionis

Obsesi kami terhadap kesempurnaan meningkat: Sebuah studi komprehensif tentang perfeksionisme yang melibatkan orang dewasa muda di Inggris, AS, dan Kanada mengungkapkan bahwa kecenderungan dan perilaku perfeksionis telah meningkat secara signifikan — hingga 32% selama tiga dekade terakhir. Tokoh terkenal seperti superstar tenis Serena Williams dan balerina prima Karen Kain telah berbicara tentang tekanan berbahaya untuk menjadi sempurna. Mereka menceritakan siklus ketidakpuasan yang terus-menerus terlepas dari kesuksesan mereka.

Ciri perfeksionisme bukan hanya kebutuhan irasional akan kesempurnaan, tetapi rasa ketidakpuasan yang terus-menerus bahkan ketika kesuksesan tercapai. Lebih buruk lagi, itu bahkan dapat menghambat kesuksesan. Misalnya, profesor universitas dengan tingkat perfeksionisme yang tinggi jarang mengungguli rekan-rekan mereka yang tidak perfeksionis.

Bukti yang berkembang juga menunjukkan bahwa perfeksionisme di tempat kerja menghalangi kemampuan orang untuk menemukan makna dalam pekerjaan mereka, untuk mengalami kepuasan dengan pekerjaan mereka, dan untuk menumbuhkan keseimbangan kehidupan kerja. Memang, untuk berkembang dalam realitas organisasi yang kompetitif dan kompleks saat ini mengharuskan manajer untuk menerima bahwa pekerjaan yang sangat baik tidak berarti itu sempurna atau tanpa cacat. Sebaliknya, ini adalah proses pengembangan, di mana karyawan diberikan ruang, waktu, dan kesabaran untuk meningkatkan keahlian mereka.

Manajer perfeksionis seperti apa Anda?

Perfeksionisme bermanifestasi dalam berbagai cara yang memengaruhi orang secara berbeda. Manajer pertama-tama harus mengidentifikasi target standar perfeksionis mereka. Dengan kata lain, kepada siapa Anda memaksakan standar tinggi Anda? Siapa yang harus terlibat dalam kerja keras untuk memastikan bahwa harapan ini terpenuhi? Merenungkan pertanyaan-pertanyaan ini adalah langkah pertama untuk mengekang efek negatif dari perfeksionisme. Untuk membantu Anda, kami menyajikan tiga tipe umum kepribadian perfeksionis.

Perfeksionis yang berorientasi pada diri sendiri: Para manajer ini memiliki keyakinan internal bahwa menjadi sempurna dan berjuang untuk kesempurnaan mutlak adalah hasil yang penting. Mereka sering memiliki pikiran ekstra-hukuman dan evaluasi diri negatif ketika kinerja mereka tidak memenuhi standar idealis mereka. Sementara para manajer ini cenderung menunjukkan pencapaian kinerja tingkat tinggi, mereka juga rentan terhadap kecemasan, perenungan, dan kelelahan.

Perfeksionis yang ditentukan secara sosial: Beberapa karyawan mungkin juga percaya, seringkali secara tidak akurat, bahwa orang lain mengharapkan mereka menjadi sempurna. Mereka percaya bahwa rasa hormat dan penerimaan bergantung pada pemenuhan standar perfeksionis yang diberikan rekan dan atasan mereka kepada mereka. Penafsiran yang salah tentang harapan orang lain ini menciptakan tekanan yang tidak perlu yang membuat mereka rentan terhadap depresi dan penyakit fisik, seperti sakit kepala, pola tidur tidak teratur, dan gangguan makan.

Perfeksionis yang berorientasi pada orang lain: Akhirnya, jenis perfeksionisme yang paling umum menimpa para manajer adalah kecenderungan mereka untuk sangat mementingkan kemampuan dan kemauan orang lain untuk berusaha mencapai kesempurnaan. Manajer ini menuntut standar kinerja tertinggi dari orang lain dan mereka sering mengevaluasi rekan kerja mereka dengan ketat. Akibatnya, manajer dengan perfeksionisme berorientasi lain yang tinggi menyabotase hubungan dan reputasi mereka di tempat kerja karena kecenderungan mereka untuk menghasut rasa takut dan menunjukkan kemarahan dan permusuhan yang berlebihan terutama ketika orang lain gagal memenuhi harapan kinerja mereka.

Menghindari Jebakan Perfeksionisme

Jika Anda mengenali diri sendiri atau karyawan Anda dalam skenario di atas, Anda tidak sendirian, juga tidak berarti bahwa Anda ditakdirkan sebagai seorang manajer. Penelitian organisasi tentang perfeksionisme mulai memberikan wawasan baru dan langkah-langkah praktis berbasis bukti bagi para manajer dan jaringan mereka untuk membebaskan diri dari dorongan perfeksionistis mereka. Untungnya, perfeksionis cenderung berfokus pada tujuan dan berorientasi pada tindakan dan strategi ini ditujukan untuk membantu mereka mengkalibrasi ulang harapan mereka. Berdasarkan pengalaman kolektif kami mempelajari strategi kepemimpinan yang efektif serta keahlian kami dalam perfeksionisme di seluruh tempat kerja, kami menawarkan strategi berikut untuk membantu Anda mengelola perfeksionisme Anda.

Rancang tujuan yang tepat.

Salah satu hal paling berguna yang dapat dilakukan oleh perfeksionis, dan mereka yang bekerja dengan mereka, adalah merancang tujuan agar dapat dicapai namun menantang. Hal ini dapat mendukung efisiensi karyawan dan mempertahankan motivasi mereka untuk berhasil. Untuk manajer perfeksionis, ekspektasi kinerja tinggi dapat ditetapkan untuk proyek berdurasi pendek yang membutuhkan upaya maksimal (misalnya, memecahkan masalah, mengatasi situasi krisis).

Namun, perlu diingat bahwa kemajuan lebih penting daripada kesempurnaan. Keberhasilan awal dalam tujuan ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong pencapaian tugas-tugas penting sambil mempertahankan antusiasme karyawan mereka. Mengakui kemenangan kecil dapat memperkuat imbalan kemajuan.

Kenali kegagalan sebagai bagian dari proses.

Manajer harus melakukan upaya yang disengaja untuk mengenali bahwa kegagalan dan kesalahan adalah aspek yang ada di mana-mana dari proses kerja. Melakukan hal itu akan mendorong mereka untuk memberi karyawan mereka fleksibilitas untuk memperlakukan kesalahan sebagai kesempatan belajar.

Manajer yang perfeksionis harus menyadari bahwa intoleransi terhadap kesalahan dan kegagalan dapat merusak kreativitas. Karyawan yang ditegur karena mengambil risiko dan membuat kesalahan sering kali memikirkan kegagalan mereka, membuat mereka terlalu lelah untuk menghasilkan pekerjaan yang berwawasan dan baru. Hal ini selanjutnya akan memungkinkan karyawan untuk memperluas perspektif mereka, untuk menemukan solusi baru untuk masalah, dan untuk menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu.

Menumbuhkan kesadaran.

Mempraktikkan perhatian penuh terutama dapat bermanfaat bagi manajer yang perfeksionis. Ini mendorong self-compassion dengan mencegah pembentukan pemikiran kritis diri dan bencana ketika standar perfeksionis mereka terancam.

Perhatian penuh dapat membantu perfeksionis untuk memperlambat dan mengatur emosi. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa musisi dengan kecenderungan perfeksionis yang bermeditasi setidaknya sekali seminggu lebih baik dalam mengelola kecemasan pertunjukan musik. Bukti lebih lanjut melaporkan bahwa pekerja perfeksionis yang menyelesaikan intervensi biblioterapi berbasis kesadaran selama enam minggu mengalami lebih sedikit stres dan emosi negatif.

Menggunakan pembicaraan semangat.

Psikolog konseling mendukung self-talk positif untuk mengatasi pikiran hiperkritis, dan dapat bermanfaat bagi orang untuk mengembangkan serangkaian mantra untuk membantu diri mereka sendiri dan orang lain menangani perfeksionisme. Misalnya, seorang perfeksionis yang berorientasi pada diri sendiri mungkin perlu mengatakan pada diri mereka sendiri: “Ingin menjadi sempurna adalah hal yang mustahil dan melelahkan bagi saya. Tidak ada alasan bagi saya untuk menghabiskan banyak waktu dalam segala hal. Saya harus membiarkan diri saya rileks jika saya ingin melanjutkan dalam jangka panjang.” Manajer dengan karyawan yang menunjukkan perfeksionisme berorientasi diri mungkin berkata, “Anda tidak selalu harus bekerja sendiri. Anda selalu dapat menghubungi saya ketika Anda terjebak dalam suatu tugas. Pekerjaan hebat tidak dicapai oleh satu orang dalam semalam.”

Kami juga menemukan tanggapan serupa untuk tipe perfeksionis lainnya. Manajer dengan perfeksionisme yang ditentukan secara sosial mungkin perlu memberi tahu diri mereka sendiri: “Kontribusi saya cukup. Tidak ada yang akan menganggap saya kurang hanya karena kesalahan kecil yang saya buat. ” Jika Anda menemukan diri Anda bekerja dengan seorang anggota staf yang menunjukkan perfeksionisme yang ditentukan secara sosial, mungkin perlu diingatkan bahwa keberhasilan dan bahkan kegagalan pekerjaan mereka tidak menentukan mereka. Anda mungkin berkata, “Anda tidak perlu membuktikan diri kepada kami. Kami selalu mengagumi pekerjaan dan dedikasi Anda. Kontribusi Anda dihargai selama Anda berusaha sekuat tenaga. ”

Akhirnya, para manajer dengan perfeksionisme yang berorientasi pada orang lain dapat mengatakan pada diri mereka sendiri: “Saya tidak perlu mendorong orang untuk menyelesaikan sesuatu dengan cara saya. Mereka ada di sini karena mereka mampu dengan caranya sendiri.” Sebagai seorang manajer dari seorang karyawan yang mengharapkan kesempurnaan dari rekan-rekan mereka, Anda dapat mengatakan: “Anda akan belajar banyak dari orang lain ketika Anda membiarkan mereka bekerja dengan kecepatan mereka sendiri dan menangani kegagalan bersama-sama. Orang-orang memiliki cara untuk melampaui bahkan harapan Anda sendiri. ”

Pembicaraan semangat semacam itu meningkatkan evaluasi positif terhadap diri sendiri dan orang lain, dan juga mengatasi keyakinan irasional dan mengganggu perfeksionis bahwa nilai seseorang terkait dengan pencapaian mereka.

Membina hubungan interpersonal yang positif.

Pada intinya, perfeksionis berusaha untuk mendapatkan validasi orang lain. Sementara perfeksionisme mempengaruhi individu untuk lebih banyak berkonflik dengan orang lain, penelitian menunjukkan bahwa dukungan dari teman sebaya menyangga konsekuensi negatif dari perfeksionisme. Misalnya, manajer perfeksionis dengan akses ke dukungan sosial dari keluarga dan teman mengatasi lebih baik dalam situasi stres karena nasihat, penghargaan, dan dorongan yang mereka terima.

Untuk mengembangkan pengalaman sosial yang lebih positif, perfeksionis perlu mengingat bahwa tidak semua interaksi sosial adalah tentang pemecahan masalah dan kemenangan — sebaliknya, mereka perlu fokus pada empati daripada bersaing dengan orang lain dan memberikan nasihat yang tidak diminta. Satu studi menunjukkan bahwa perfeksionis yang menyalurkan semangat kompetitif mereka untuk membantu orang lain menyelesaikan pekerjaan mereka memungkinkan mereka untuk mendorong interaksi positif dengan orang lain. Pengalaman sosial positif berikutnya dengan teman sebaya dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan stres keseluruhan yang timbul dari upaya perfeksionis. Ini akan lebih meningkatkan keterampilan sosial mereka dan membantu mereka melihat orang lain sebagai kolaborator, bukan saingan.

Mengelola emosi.

Manajer yang secara konsisten menuntut kesempurnaan dari bawahan mereka mungkin secara tidak sadar mengungkapkan kemarahan, lekas marah, dan frustrasi yang intens. Dengan demikian, mereka mungkin mendapat manfaat dari mengembangkan strategi berbasis emosi untuk mengomunikasikan standar kinerja tinggi mereka dengan cara yang sensitif dan empatik.

Dalam situasi emosional, manajer dapat menghindari reaksi berlebihan dengan mundur dari situasi dan membingkai ulang situasi menggunakan lensa yang lebih positif. Misalnya, ketika bawahan gagal mencapai tujuan kinerja mereka, manajer perfeksionis dapat menyoroti pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman baru yang diperoleh bawahan. Membingkai ulang kinerja dengan cara ini alih-alih kegagalan mutlak dapat mengarahkan bawahan untuk fokus pada peningkatan kinerja masa depan.

Akhirnya, mereka juga dapat meredam emosi negatif seperti frustrasi dan ketidakpuasan dengan menggunakan humor ketika standar perfeksionis mereka terancam. Seperti yang diceritakan Brian Wilson dari The Beach Boys, “Saya adalah seorang perfeksionis sejati, dan para pria menghormati itu. Tapi kami selalu menggunakan humor untuk meringankan beban.”

Takeaway Kunci: Pertimbangkan Kembali Pekerjaan yang Cukup Baik.

Persaingan yang ketat dan toleransi yang rendah terhadap kesalahan di tempat kerja modern telah memaksa manajer untuk menetapkan standar kinerja yang sangat menuntut. Meskipun beberapa orang mungkin mengklaim bahwa menggabungkan harapan kinerja tinggi dengan pola evaluasi yang kaku dapat meningkatkan kinerja, kegilaan dengan kesempurnaan dapat menggagalkan keterlibatan, hubungan, dan kepuasan dengan pekerjaan dan kehidupan. Pada akhirnya, kita cenderung tampil lebih baik di tempat kerja — dan bahkan bisa lebih bahagia — ketika kita secara konsisten “cukup baik” daripada sempurna secara sporadis.