Emosi Bukan Musuh Pengambilan Keputusan yang Baik

Terlalu sering, ketika kita perlu membuat keputusan yang sulit, kita terburu-buru untuk menghindari duduk dengan emosi yang tidak nyaman. Tetapi menyalurkan emosi itu — sebuah proses yang penulis sebut “pembukuan emosional” — dapat membantu kami memastikan bahwa kami telah mengidentifikasi dengan benar keputusan yang harus kami buat dan mengatur kami untuk bergerak maju dengan kejelasan dan kepercayaan diri. Prosesnya sesederhana meluangkan waktu untuk mengidentifikasi 1) emosi yang Anda rasakan saat menghadapi keputusan Anda, dan 2) emosi yang ingin Anda rasakan saat melihat keputusan Anda di kaca spion. Apa yang kamu lihat? Bagaimana hidup Anda lebih baik untuk hasil keputusan yang memuaskan?

Baru-baru ini saya memberikan pidato utama di Cornell University tentang bagaimana memastikan keberhasilan keputusan yang kita buat dengan lebih baik. Saya mulai dengan polling audiens sekitar 2.000 orang untuk mengukur apakah mereka khawatir membuat kesalahan ketika mereka menghadapi keputusan besar. Sebanyak 92% peserta menjawab ya.

Saya kemudian meminta hadirin untuk memberikan satu atau dua kata untuk menggambarkan jenis kesalahan yang mereka khawatirkan. Tanggapan teratas, ditangkap dalam awan kata, menunjukkan bahwa banyak dari kita khawatir bahwa kita terlalu mengandalkan insting atau insting kita. Secara khusus, para penonton khawatir tentang bergerak terlalu cepat; menjadi tergesa-gesa, terburu-buru, atau impulsif; dan membuat keputusan emosional.

Jika begitu banyak dari kita khawatir bahwa kita membuat kesalahan dengan membuat keputusan terlalu cepat, mengapa kita melakukannya?

Ketika kita dihadapkan dengan keputusan yang sulit dan kompleks, kita biasanya mengalami emosi yang sulit dan kompleks. Banyak dari kita tidak ingin duduk dengan perasaan tidak nyaman ini, jadi kita mencoba untuk menyelesaikan pengambilan keputusan. Tetapi ini sering mengarah pada keputusan yang buruk. Kita mungkin tidak benar-benar menyelesaikan masalah yang ada, dan kita sering berakhir dengan perasaan yang lebih buruk. Ini adalah lingkaran umpan balik yang tidak produktif yang membuat keputusan kita berakhir dengan perasaan negatif.

Namun, buku-buku emosional ini bisa menjadi senjata rahasia Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik. Prosesnya sesederhana meluangkan waktu untuk mengidentifikasi 1) emosi yang Anda rasakan saat menghadapi keputusan Anda, dan 2) emosi yang ingin Anda rasakan saat melihat keputusan Anda di kaca spion. Apa yang kamu lihat? Bagaimana hidup Anda lebih baik untuk hasil keputusan yang memuaskan?

Latihan empat langkah ini memungkinkan pemikiran kita, atau “otak penyihir”, untuk memeriksa dan menyalurkan emosi kita, atau “otak kadal”, sehingga kita tidak membuat pilihan reaktif. Berikut cara kerjanya.

1. Identifikasi keputusan yang perlu Anda buat.

Ketika kita mencoba memecahkan masalah pelik, kita sering kali harus memilah-milah banyak informasi yang saling bertentangan — selain perasaan kita. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi keputusan apa yang perlu Anda buat.

Ambil Charlie, misalnya. Dia menciptakan teknologi untuk meningkatkan pendengaran sambil mendapatkan gelar PhD. Sekarang CEO dari startup neurobiologi, dia bersemangat dan berpengetahuan tentang segala hal yang berkaitan dengan penemuannya. Tetapi dia tidak memiliki latar belakang bisnis, dan dia menghadapi beberapa keputusan bisnis penting: Bagaimana cara terbaik dia menggunakan uang yang telah dia kumpulkan untuk memindahkan produknya ke pasar? Berapa biaya yang masuk akal untuk dibelanjakan untuk mengembangkan dan menguji produk yang layak secara minimal? Bagaimana dia bisa mengumpulkan uang tambahan untuk startup barunya?

Penyandang dana Charlie ingin dia menyelesaikan uji klinisnya dan membuat produk untuk diuji dalam program percontohan. Dia ingin melakukan yang benar oleh investornya dan memenuhi apa yang dia anggap sebagai garis waktu mereka yang sangat singkat.

Beberapa penasihat dan investor Charlie telah mendesaknya untuk menemukan mitra yang paham bisnis. Keputusan yang perlu dibuat Charlie adalah apakah dia harus mempekerjakan salah satu pendiri dengan latar belakang bisnis untuk membantunya mengatasi masalah ini.

2. Identifikasi bagaimana perasaan Anda tentang keputusan yang harus Anda buat.

Pertimbangkan emosi Anda saat Anda berpikir untuk membuat keputusan besar. Apa emosi dominan yang Anda rasakan? Apakah itu ketakutan? Kecemasan? Perasaan kewalahan atau mungkin kegembiraan pada kesempatan di depan? Apakah perasaan Anda didasarkan pada pengalaman sebelumnya atau sumber informasi lain?

Memberi nama perasaan kita dapat membantu menciptakan sedikit ruang antara emosi dan tindakan kita. Memperoleh jarak itu memungkinkan kita untuk memeriksa emosi, dan mengakui perasaan itu, tanpa membiarkan emosi mendorong keputusan, menggantikan pikiran sadar dan hak pilihan kita.

Charlie sangat percaya pada produknya dan ingin melihat teknologi luar biasa ini membantu orang-orang di dunia. Dia merasa terjebak dan tidak yakin bagaimana menyelesaikan keputusannya. Dia merasa cemas dan ragu-ragu tentang pemangku kepentingan lainnya. Dia mendapatkan saran yang bertentangan dari investor dan penasihat, dengan beberapa mendorong keras untuk membawa mitra yang berpikiran bisnis dan yang lain bersikeras bahwa dia bisa melakukannya sendiri jika dia bisa lebih terorganisir dengan waktunya.

Menciptakan jarak untuk mengidentifikasi bahwa dia merasa “terjebak” adalah pengubah permainan bagi Charlie. Ini membantunya menyadari bahwa, sebagai CEO, dia tidak terjebak sama sekali; sebaliknya, dia adalah satu-satunya pengambil keputusan. Dia juga menyadari bahwa “terjebak” bukanlah kata yang tepat. Sebaliknya, dia mengatakan dia merasakan perlawanan. Ketika saya menekannya bahwa perlawanan bukanlah emosi, melainkan reaksi psikologis, dia mampu menganalisis lebih lanjut. Apa yang sebenarnya dia rasakan, katanya, adalah ketidaknyamanan. Klarifikasi itu membuka mata. Sekarang dia bisa mengeksplorasi apa yang dia rasa tidak nyaman.

3. Visualisasikan kesuksesan Anda dan bagaimana rasanya.

Bayangkan Anda telah membuat keputusan yang sukses. Bagaimana perasaan Anda sekarang? Apakah Anda merasakan pencapaian atau kelegaan? Apakah Anda memiliki arah yang lebih jelas untuk masa depan? Sudahkah Anda memajukan karir Anda, atau mungkin memperkuat hubungan Anda?

Ketika Charlie membayangkan mempekerjakan seorang pendiri, dia menyadari bahwa perasaan tidak nyaman berasal dari kekhawatiran tentang konflik yang berasal dari keharusan berbagi kekuatan pengambilan keputusan dengan orang lain. Dia pikir dia akan merasa percaya diri dengan pengetahuan orang yang dia pekerjakan, tetapi pada akhirnya, dia tidak ingin berbagi kepemilikan atas visi yang telah dia impikan dan berkeringat selama bertahun-tahun. Menyetel ketidaknyamanannya adalah momen aha besar, meskipun itu sudah ada selama ini.

4. Terapkan bookends emosional.

Sekarang setelah Anda memeriksa keputusan awal Anda dan dampak emosionalnya, pertimbangkan: Sudahkah Anda mengidentifikasi keputusan yang Anda buat dengan benar?

Menerapkan bookending emosional, Charlie menyadari bahwa dia merasa terikat karena dia telah menggabungkan beberapa keputusan. Keputusan yang harus dia buat bukan tentang mempekerjakan salah satu pendiri atau tidak, ini tentang apakah dia ingin berbagi kepemilikan bisnisnya. Dia berasumsi bahwa untuk mendapatkan ketajaman bisnis yang dia butuhkan, dia harus merekrut mitra, seperti yang dilakukan oleh banyak perusahaan rintisan di sekitarnya.

Tetapi latihan pembukuan emosional membantunya menyadari bahwa ada cara lain untuk mendapatkan ketajaman bisnis yang dibutuhkan perusahaan. Dia bisa mempekerjakan seseorang yang melapor kepadanya atau menyewa konsultan. Keputusan bisnis adalah keputusan jangka pendek; kemitraan adalah keputusan jangka panjang. Dia tidak hanya mengacaukan keputusan, dia juga tidak memikirkan implikasi jangka panjang dari pasangan.

. . .

Kami pikir kami tidak punya waktu untuk berinvestasi dalam proses pengambilan keputusan — dan kami jelas tidak ingin berkutat dalam ketidaknyamanan emosional, seperti kecemasan dan frustrasi, yang muncul dari keputusan besar. Mungkin terasa lebih mudah untuk mengubah keputusan kompleks menjadi emosi kita — dan otak kadal kita.

Memanggil otak penyihir kita terdengar seperti sihir, tapi sebenarnya tidak. Dibutuhkan kerja keras untuk memperlambat untuk melihat kadal: untuk menyebutkan dan duduk dengan emosi kita. Memanggil otak penyihir menempatkan kita dalam kemitraan dengan emosi kita daripada didorong oleh mereka.

Pembukuan emosional membantu Anda menyebutkan dan menoleransi emosi Anda, alih-alih menguburnya atau melarikan diri darinya, sehingga Anda dapat lebih mengidentifikasi — dan membuat — keputusan nyata, keputusan yang tepat untuk membantu Anda melangkah ke masa depan Anda dengan kejelasan dan kepercayaan diri.