Menghadapi Ketakutan yang Menghambat Anda Bekerja

Ketakutan adalah apa yang membuat kita menjadi manusia — kita semua merasakan emosi ini sampai batas tertentu. Seperti yang ditulis oleh Robert Kegan dan Lisa Laskow Lahey, ahli di bidang perkembangan orang dewasa dalam buku mereka, Kekebalan terhadap Perubahan“Kami telah mempelajari sesuatu yang mungkin sangat sulit dipercaya oleh orang-orang yang sukses dan mampu: lebih dari yang kami pahami, kebanyakan orang terus-menerus menghadapi ketakutan.”

Masalahnya adalah ketika ketakutan kita (baik sadar atau tidak sadar) membuat kita terjebak dalam pola perilaku yang tidak produktif, bahkan ketika kita ingin bergerak maju dan beroperasi dengan cara baru sehingga kita dapat maju dalam karir kita dan mencapai tujuan kita.

Jenis ketakutan yang kita bicarakan bukanlah dari tingkat keamanan psikologis yang ditetapkan oleh para pemimpin dalam sebuah organisasi. Yang pasti, kurangnya keamanan psikologis dalam tim merupakan elemen penting yang mempengaruhi kinerja dan tentu saja dapat menambah rasa takut yang dirasakan individu.

Jenis ketakutan yang kita maksudkan adalah rasa aman subjektif kita sendiri, yang pada dasarnya adalah tentang bagaimana kita melihat dunia dan seberapa aman kita merasa di dalamnya. Rasa aman subjektif ini sering kali diturunkan dari pengalaman kehidupan awal yang telah mewarnai lensa yang melaluinya kita melihat situasi sehari-hari. Kami membawa ketakutan mendasar yang menciptakan rasa aman ini (atau kurangnya rasa aman) ke mana pun kami pergi. Mereka tetap bersama kita setelah kita mendapatkan promosi, berganti departemen, atau memulai pekerjaan baru — kecuali kita mengambil langkah aktif untuk memunculkannya, memahaminya, dan menantangnya.

Dalam menerapkan ajaran Kegan dan Lahey ke dalam pekerjaan kami melatih para pemimpin senior (Rebecca) dan mempelajari orang-orang yang sangat berprestasi, seperti atlet Olimpiade, astronot, dan peraih Nobel (Ruth), kami telah mempelajari bagaimana ketakutan mendasar ini menahan individu (dan tim ) kembali dan apa yang diperlukan untuk melewatinya dengan cara yang bertahan lama.

Menghadapi dan mengatasi ketakutan Anda di tempat kerja melibatkan banyak refleksi, kerentanan, dan jujur ​​​​dengan diri sendiri secara brutal. Ini memerlukan mengambil langkah-langkah berikut. Anda dapat mengerjakan langkah-langkah ini sendiri atau, bahkan lebih baik, dengan pelatih terlatih atau kolega tepercaya yang dapat mengajukan pertanyaan menyelidik, menantang Anda, dan pada akhirnya membantu Anda melihat dan mengadopsi perspektif baru.

Perhatikan di mana Anda terjebak, dan ungkapkan ketakutan inti Anda.

Pertama, mengidentifikasi di mana Anda merasa terjebak. Ini adalah area yang ingin Anda tingkatkan tetapi belum mampu melakukannya dengan cara yang berarti atau konsisten. Mungkin Anda ragu-ragu untuk melakukan percakapan yang sulit dan meminta pertanggungjawaban orang lain, menjadi lebih tegas, keluar dari gulma untuk menjadi lebih strategis, atau menetapkan batasan yang lebih baik dan tidak berbicara lebih sering.

Sekarang, sebutkan ketakutan yang menahan Anda dari melakukan hal-hal ini (biasanya setidaknya ada beberapa), dan jangan menutupinya. Mereka mungkin memalukan untuk mengakui atau mengatakannya dengan lantang, tetapi mereka sering kali cukup normal, dan kita semua memilikinya. Anda mungkin takut merusak hubungan jika Anda meminta pertanggungjawaban rekan kerja, takut merusak reputasi Anda jika Anda membuat keputusan yang salah, takut kehilangan kendali jika Anda mendelegasikan, atau takut dianggap tidak berkomitmen jika Anda mengatakan tidak kepada rekan kerja.

Sementara jenis kecemasan tertentu tidak terbatas, yang umum kita lihat yang menahan orang termasuk ketakutan akan kegagalan atau merusak karier seseorang, mengecewakan orang lain, terlihat buruk, atau kehilangan kendali. Kami juga melihat ketakutan yang jauh lebih mendasar, seperti tidak berdaya, terpinggirkan, ditolak, atau tidak mampu menghidupi diri sendiri secara finansial.

Sementara ketakutan ini sering beroperasi di bawah permukaan, mereka adalah kekuatan aktif yang mendorong perilaku tidak produktif. Perilaku ini mungkin telah membantu Anda pada satu titik, di awal kehidupan atau karier Anda, tetapi sekarang hanya menghalangi Anda untuk mencapai tujuan Anda. Dengan mengartikulasikan kekhawatiran ini, Anda dapat mulai memeriksanya lebih dekat untuk memahami inti tentang bagaimana Anda mungkin menyabotase diri sendiri di tempat kerja.

Monique*, seorang mitra di perusahaan jasa profesional, sering kali stres dan sering mengalami reaksi emosional di tempat kerja. Dia sangat ingin menciptakan kehidupan untuk dirinya sendiri di luar pekerjaan agar lebih seimbang. Namun dia tidak mengatakan tidak untuk perjalanan kerja, dia membiarkan pekerjaan mencegahnya membuat (dan menjaga) rencana pribadi, dia memprioritaskan pekerjaan di atas kesehatan dan kesejahteraan fisiknya, dan tidak menetapkan batasan kehidupan kerja yang berarti. Ketika dia berpikir untuk menetapkan beberapa batasan pekerjaan, beberapa ketakutan muncul: bahwa dia akan kehilangan klien, dia tidak akan menghasilkan cukup uang, dan orang lain akan mengungguli dia di tempat kerja, antara lain.

Jason*, seorang pemimpin nirlaba, telah menerima umpan balik bahwa dia tidak kolaboratif. Dia perlu memperlambat untuk membawa orang lain bersama pemikirannya, meminta dan lebih terbuka terhadap ide orang lain, dan melepaskan kendali. Akar ketakutan yang mendorong perilakunya adalah jika dia melakukan hal-hal ini, dia akan terlihat bodoh dan akan kehilangan kendali. Ketakutan ini membuatnya bergerak cepat sehingga orang lain tidak bisa mengikuti dan dia akan dilihat sebagai “orang terpintar di ruangan itu,” dan tidak akan ada ruang bagi siapa pun untuk mempertanyakan idenya atau berbagi ide mereka.

Bayangkan jika ketakutan terburuk Anda menjadi kenyataan.

Anggap saja ketakutan ini terwujud. Lalu apa? Apa yang Anda yakini sebagai konsekuensi mengerikan bagi Anda dari kegagalan — apakah kegagalan itu kehilangan klien, kehilangan pekerjaan, mengecewakan seseorang, terlihat bodoh, atau hal lain? Keyakinan yang membatasi hasil yang ditakuti ini yang menurut Anda mungkin terjadi jika ketakutan Anda menjadi kenyataan, biasanya terasa cukup nyata atau pasti, meskipun biasanya jauh dari realistis.

Ketakutan Monique akan kegagalan (yaitu, kehilangan klien, tidak menghasilkan cukup uang, dikalahkan, dll.) bukanlah faktor paling kuat yang menahannya — keyakinannya bahwa dia akan tidak akan pernah bisa pulih dari hal-hal ini jika itu terjadi. Bahwa jika dia kehilangan klien, dia tidak akan bisa menemukan klien baru; jika dia mengalami tahun yang buruk, dia tidak akan bisa bangkit kembali di tahun berikutnya; dan jika dia kehilangan pekerjaannya, dia tidak akan dapat menemukan pekerjaan baru. Pada akhirnya, dia percaya bahwa “Jika saya tidak bekerja dengan sungguh-sungguh, saya tidak akan berhasil.”

Bagi Jason, memeriksa lebih dekat kecemasannya akan terlihat buruk atau kehilangan kendali mengungkapkan keyakinan yang membatasi bahwa jika orang lain berbagi ide bagus, itu berarti idenya tidak bagus (secara efektif, pemikiran zero-sum). Dia takut orang-orang akan berpikir dia tidak kompeten dan tidak mau bekerja dengannya — yang secara efektif, dia akan terpinggirkan. Ketakutan mendalam dan keyakinan yang membatasi ini memicu kebutuhannya yang terus-menerus untuk memegang kendali dan tampak seolah-olah dia yang paling cerdas di ruangan itu.

Merefleksikan cerita asal.

Dari mana datangnya ketakutan dan keyakinan yang membatasi ini dalam hidup Anda? Ini mungkin segera terlihat, atau Anda mungkin perlu duduk dengan pertanyaan ini sedikit. Kesadaran tentang di mana dan kapan pandangan dunia yang terbatas atau tidak lengkap ini terbentuk dapat membantu Anda melepaskan diri darinya dengan menjelaskan betapa sangat berbedanya keadaan atau situasi pada waktu itu dalam hidup Anda dan tidak relevan dalam konteks Anda saat ini.

Misalnya, Monique takut jika tidak bekerja terlalu keras dan menetapkan batasan kehidupan kerja akan membahayakan keamanan finansial keluarganya. Saat kami menyelami lebih dalam, dia menyadari bahwa rasa tidak amannya berasal dari ayahnya yang kehilangan pekerjaannya ketika dia masih muda dan kesulitan keuangan keluarga. Itu menakutkan baginya sebagai seorang gadis muda, mengetahui bahwa kemungkinan penggusuran hanya sebulan lagi. Perasaan tidak berdaya dan kerentanan menggantung di atasnya seperti awan gelap dan tinggal bersamanya sebagai orang dewasa.

Jason menyadari bahwa ketakutan dan keyakinannya yang membatasi (dan perilaku yang dihasilkan) hanya dipicu ketika dia bersama teman sebaya tetapi tidak dengan mereka yang lebih senior darinya atau dengan rekan yang lebih junior. Detail kecil namun penting ini membantu mengungkap asal usul ketakutan mendasarnya yang berasal dari persaingan saudara kandung yang diciptakan orang tuanya antara dia dan saudaranya. Oleh karena itu, ia melihat rekan-rekannya di tempat kerja sebagai saingan otomatis atau pesaing yang harus dikalahkan, tetapi bukan rekan kerja lainnya.

Lakukan eksperimen yang aman.

Karena keyakinan yang membatasi telah dibentuk oleh pengalaman langsung sebelumnya, membebaskan diri dapat berarti memiliki pengalaman baru yang berbeda dan/atau melihat perspektif yang berbeda atau lebih luas dari orang lain yang Anda percayai dan hormati. Untuk melakukan ini, Anda akan ingin melakukan serangkaian eksperimen yang aman untuk menguji keyakinan Anda yang membatasi dan secara bertahap melonggarkan cengkeraman ketakutan inti Anda.

Eksperimen yang aman tidak berisiko memperkuat asumsi besar Anda, juga tidak memiliki potensi konsekuensi negatif secara material jika gagal — yaitu, Anda tidak ingin membuat diri Anda dipecat untuk melihat apakah Anda dapat pulih darinya. Sebaliknya, eksperimen atau pengujian yang aman kecil, berisiko rendah, dan mudah dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi tentang validitas keyakinan yang membatasi Anda untuk mulai menyanggahnya. Melakukannya akan mulai melonggarkan kontrol yang mereka miliki atas Anda dan perilaku Anda, memberi Anda lebih banyak kebebasan dalam cara Anda beroperasi. Seiring waktu, ini akan memungkinkan Anda untuk melupakan pola lama dan mengembangkan perilaku baru yang lebih produktif dan mengurangi risiko mundur ke cara lama Anda.

Eksperimen yang aman mungkin melibatkan berbicara dengan orang yang Anda kenal, membaca tentang pemimpin lain, atau membuat perubahan perilaku yang sangat kecil. Bagi Monique, dia ingin mengetahui apakah mungkin untuk memiliki kehidupan dan juga sukses. Jadi, dia berbicara kepada orang-orang yang dia hormati di sektornya dan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada mereka termasuk “Batas apa yang dapat Anda tetapkan dan pertahankan?” dan “Bagaimana memiliki kehidupan (dan tidak bekerja sepanjang waktu) membantu Anda menjadi lebih sukses?” Ujian kedua yang membantunya mengurangi rasa takut adalah bertemu dengan seorang perencana keuangan, yang membantunya melihat bahwa ia memiliki lebih banyak bantalan keuangan daripada yang ia kira. Dia juga berbicara dengan salah satu dari banyak perekrut eksekutif yang secara teratur menghubunginya tentang daya jualnya sebagai kandidat pekerjaan. Percakapan ini membantunya melihat bahwa, seandainya dia kehilangan pekerjaannya, dia akan sangat dapat dipekerjakan di tempat lain. Dalam melakukan tes keyakinannya yang terbatas ini, dia menyadari bahwa ketakutan mendasarnya, yang dimiliki sejak kecil, tidak lagi merupakan cerminan akurat dari realitasnya saat ini. Melihat ini dengan jelas untuk pertama kalinya memungkinkan dia untuk melepaskan banyak ketakutan dan kerentanan yang dia rasakan dan memberinya rasa hak pilihan yang lebih besar. Itu memungkinkan dia untuk menulis cerita baru.

Demikian pula, Jason melakukan beberapa eksperimen yang membantunya mulai melepaskan asumsi-asumsinya yang membatasi. Pertama, dia mengadakan sesi brainstorming untuk sebuah proyek di mana dia memainkan peran sebagai fasilitator dan berfokus pada membiarkan orang lain menyumbangkan ide-ide mereka untuk melihat apakah mungkin ada banyak ide bagus, versus hanya satu ide yang membuat semua ide lain tidak berdasar. Bagian kedua dari tes ini adalah untuk melihat apakah orang lain yang berbagi ide mereka benar-benar membuatnya merasa kurang mampu, yang — mengejutkannya — tidak. Dia juga meminta seorang rekan untuk mengajarinya tentang area organisasi yang kurang dia ketahui (keuangan) untuk melihat bagaimana perasaannya selama proses pembelajaran, dan dalam melakukannya, menyadari bahwa tidak perlu merasa mengancam seseorang untuk mengetahuinya. lebih banyak tentang suatu topik daripada dia. Eksperimen ini memungkinkan Jason untuk perlahan melepaskan sisa ketakutannya dan terlibat dalam perilaku yang lebih kolaboratif.

Adalah normal untuk merasakan ketakutan dan kecemasan dalam hidup Anda dan dalam pekerjaan Anda, tetapi dengan menggunakan strategi di atas, Anda dapat “mengecilkan volume” pada beberapa ketakutan dan keyakinan Anda yang lebih membatasi yang saat ini menahan Anda, memungkinkan Anda untuk bergerak. maju lebih produktif dan sukses. Versi kebenaran yang Anda katakan pada diri sendiri di masa lalu kemungkinan besar tidak mencerminkan realitas Anda saat ini. Membongkar dan menantang ketakutan dan keyakinan yang membatasi ini akan memungkinkan Anda untuk membongkar hambatan yang Anda buat sendiri dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

* Nama asli telah diubah.